Ini penjelasan dosen IPB tentang sarapan pagi yang ideal

Ini penjelasan dosen IPB tentang sarapan pagi yang ideal
Ini penjelasan dosen IPB tentang sarapan pagi yang ideal Photo by Brooke Lark on Unsplash

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, manusia perlu memperoleh energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk sarapan di pagi hari. Orang Indonesia juga memiliki beberapa kebiasaan menu makanan untuk sarapan.

Biasanya memilih makanan yang praktis untuk sarapan. Mulai dari bubur ayam, buah-buahan, nasi goreng, sayur gua naga bahkan roti susu.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada bagian yang ideal dari menu sarapan? Hal ini akan disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan sepanjang hari.

Efek melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan juga bisa membawa efek buruk. Anda akan merasa lemas dan tidak bisa berkonsentrasi karena tidak memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas.

Menurut Karina Rahmadia Ekawidyani, dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), kebiasaan melewatkan sarapan berdampak negatif bagi tubuh.

Karena kekurangan energi, tubuh akan terasa lemas. Apalagi jika aktivitas yang dilakukan cukup berat, banyak energi yang akan terkuras.

"Orang itu biasanya tidur sekitar 8 jam, dan itu tidak seperti orang puasa. Kalau tidak sarapan, makan siang kita akan lebih banyak. Jadi ke depan kita berisiko obesitas atau kelebihan berat badan, yang akan menghadapi Risiko penyakit lainnya," jelas Karina, dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Minggu (26 Desember 2021).

Menu dan porsi sarapan harus diperhatikan

Saat sarapan, Anda juga harus mempertimbangkan menu dan ukuran porsi. Porsi sarapan setiap orang berbeda-beda sesuai usia, berat badan dan tinggi badan.

Karina mengungkapkan, bagian ideal dari sarapan yang cocok adalah sebagai berikut:

  1. Mengandung 25% sampai 30% dari total asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam sehari.
  2. Kandungan gizi menu sarapan meliputi sumber karbohidrat, protein, serta lemak dan serat yang sehat.

Sarapan memang sangat penting, namun harus dipilih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Begini penjelasan dosen IPB tentang bagian sarapan yang ideal. Setelah membaca informasi ini, usahakan jangan lupa untuk sarapan pagi, agar Anda tetap memiliki energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Rifqi Fauzan Sholeh

Seorang penulis profesional adalah seorang amatir yang tidak berhenti. - Richard Bach

Post a Comment

Previous Post Next Post

Gadgets

Random